Big Data Dapat Membantu Perusahaan Anda

Namun, ada banyak kesalahpahaman tentang perangkat lunak analitik data besar di kalangan pebisnis. Ada kesalahpahaman umum bahwa hanya raksasa teknologi seperti Google, Amazon, dan Facebook yang menggunakan data besar. meskipun banyak industri lain yang tidak ada hubungannya dengan TI juga mendapat manfaat dari platform data besar. Kesalahpahaman kedua adalah bahwa hanya organisasi yang sangat besar dengan banyak uang dan data untuk dianalisis yang harus repot dengan data besar.
Memang benar bahwa data besar adalah sumber daya berharga yang tidak merusak bank tetapi memiliki pengaruh besar pada kelangsungan hidup perusahaan. Melalui penggunaan analitik data besar, bisnis dapat belajar dari pelanggan mereka yang paling setia dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya.
Analisis data besar dapat membantu bisnis Anda dalam banyak hal, tetapi Anda harus terlebih dahulu menetapkan mengapa Anda ingin menggunakannya. Alasannya adalah karena big data bergantung pada metrik yang Anda tentukan.
01. Data besar dapat membantu Anda menganalisis pasar Anda.
Banyak sumber daya yang tersedia untuk masyarakat umum dapat berfungsi sebagai langkah-langkah jaminan kualitas. Dalam kasus laporan keuangan perusahaan, ini akan mencakup. Banyak hal yang berbeda dapat dipecah menjadi bagian-bagian komponen dan diperiksa. Sebaliknya, analisis konvensional dan manual akan memerlukan investasi waktu dan sumber daya yang signifikan. Penggunaan algoritma berbasis teknologi Machine Learning adalah salah satu metode tersebut. Sebagai alternatif, Anda dapat membangun alat pemantauan yang secara otomatis menghasilkan pola bisnis berdasarkan data masa lalu dan tren yang sedang terjadi saat ini.
02. Gunakan data besar untuk memahami pesaing
Fitur adalah apa yang dijual pesaing Anda, bukan diri Anda. Kemudian, setelah melakukan pembelian, konsumen memberikan feedback berupa testimoni dan kritik. Untuk meningkatkan penawaran Anda sendiri, Anda dapat mendengarkan apa yang dikatakan pelanggan tentang pesaing Anda secara online.
Analisis tren hanyalah salah satu aplikasi dari analisis data besar. Namun, itu juga dapat membantu Anda menghindari kesalahan yang dilakukan oleh saingan Anda. Ketika konsumen tidak dapat menemukan apa yang mereka cari di tempat lain, mereka beralih ke produk Anda sebagai jawabannya. Perangkat lunak untuk menganalisis data dalam jumlah besar, yang dikenal sebagai “analitik data besar”, mencakup teknologi pembelajaran mesin, yang dapat membantu bisnis menemukan celah yang sebelumnya tidak terlihat.
03. Gunakan data besar untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk Anda
Kemampuan untuk melihat angka masa lalu dan perilaku konsumen untuk mengungkap faktor tersembunyi adalah kekuatan utama analitik data besar. Dengan bantuan laporan visual (bagan, grafik, dan sejenisnya), Anda dapat dengan mudah melihat kekurangan produk Anda dan mempelajari apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya. Mengidentifikasi kekuatan produk Anda dapat memberikan keunggulan dalam persaingan dan meningkatkan daya jualnya.
04. Gunakan data besar untuk memahami konsumen
Pelanggan yang tetap setia pada merek Anda meskipun memiliki alternatif adalah aset Anda yang paling berharga. Di masa lalu, perusahaan akan membangun loyalitas pelanggan secara bertahap dari waktu ke waktu dengan melakukan hal-hal kecil seperti menawarkan diskon atau melakukan hal-hal besar seperti membagikan bonus.
Meskipun ini adalah praktik yang diterima, tampaknya kurang efisien jika dilakukan tanpa bantuan teknologi. Banyak merek baru menggunakan platform promosi big data saat ini. Bagaimana sebenarnya? Hal ini dapat dicapai dengan mempelajari kebiasaan pembeli biasa.
Ibu rumah tangga, misalnya, sering mengikuti jadwal belanja bulanan yang ketat. Ini digunakan oleh pengiklan untuk mengirimi mereka pesan promosi akhir bulan yang ditargetkan dan penawaran penjualan akhir musim, meningkatkan kemungkinan mereka akan mendaftar.
Untuk mendapatkan pengikut dengan cepat, banyak bisnis baru beralih ke analitik data besar. Mereka memiliki bakat luar biasa untuk mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan konsumen. Masalah pelanggan dapat diidentifikasi berkat big data. Anda dapat memecahkan masalah konsumen dengan produk Anda jika Anda menggunakan skema warna dan teknik cat yang tepat.
05. Gunakan big data untuk meminimalkan risiko produk tidak terjual.
Jika Anda menggunakan perangkat lunak analitik data besar, Anda dapat meningkatkan omset produk dan mengurangi jumlah produk yang gagal memenuhi ekspektasi penjualan. Anda tidak perlu menghasilkan varian produk yang sukses jika Anda menggunakan analisis data besar untuk memastikan mana yang disukai konsumen. Secara khusus, laporan tentang stok dan aktivitas penjualan dalam jangka waktu tertentu dapat dianalisis untuk tujuan ini.
Kembangkan perusahaan Anda lebih cepat dengan. 
Perangkat lunak untuk menganalisis data dalam jumlah besar tidak lagi menjadi domain beberapa perusahaan saja. Bila digunakan dengan benar, data besar dapat membantu bisnis apa pun berhasil dengan strategi apa pun. Memanfaatkan teknik big data, bisnis Anda dapat memperoleh keunggulan atas pesaing dengan memanfaatkan tren pasar saat ini.
Layanan infrastruktur data tersedia kapan saja, di mana saja berkat BigBox.
Platform data BigBox menyediakan banyak layanan analitik dan laporan dalam berbagai format untuk membantu pengembangan kebijakan bisnis yang sehat. Laporan analitik data besar BigBox sangat mudah, memungkinkan Anda menerapkan kebijakan baru dengan cepat kapan pun diminta. Mari kita bicara tentang tantangan perusahaan Anda dan bertukar pikiran tentang solusi bersama.
 
 

Leave a Comment